Recent Comments

RPL BK KARIR - MENGENAL BAKAT DAN MINAT

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik permasalahan               : Mengetahui Bakat Minatnya
B.     Bidang bimbingan                  : Karir
C.     Jenis layanan                          : Informasi Klasikal
D.    Fungsi layanan                       : Pemahaman dan Pengembangan
E.     Tujuan                                    :
1.      Siswa dapat mengemukakan pengertian bakat minat.
2.      Siswa dapat menjelaskan macam-macam bakat.
3.      Siswa dapat mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya bakat.
F.      Sasaran layanan                      : Siswa kelas VII B
G.    Nama Sekolah                        : SMP ISLAM GANDUSARI
H.    Semester                                 : II / 2014-2015
I.       Hari, tanggal                          : Rabu, 15 April 2015
J.       Alokasi waktu                        : 2 x 45 menit
K.    Tempat penyelenggaraan       : Ruang Kelas VII B
L.     Materi                                     :
·         Pengertian Bakat dan Minat
·         Macam-macam Bakat
·         Faktor yang mempengaruhi bakat dan minat
·         Cara mendeteksi bakat
M.   Metode                                   : Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
N.    Uraian kegiatan                      :
1.      Kegiatan awal            :
a.       Mengucapkan salam, memeriksa kondisi kelas, absensi kelas.
b.      Menyampaikan judul materi yang akan dibahas
c.       Apersepsi : siswa diajak tanya jawab yang mengarah pada materi
2.      Kegiatan inti              :
a.       Mengamati     :
·         Pembimbing memberikan materi, kemudian siswa disuruh untuk mengamati tentang materi yang disampaikan berupa gambar, power point, dll.
b.      Bertanya         :
·         Pembimbing bertanya kepada siswa tentang apa yang diketahuinya dari materi yang disampaikan.
c.       Menalar          :
·         Siswa memberikan persepsi atau pendapat tentang materi – materi yang disampaikan
d.      Mencoba        :
·         Siswa diajak untuk mencoba tentang materi yang disampaikan kemudian bisa diterapkan pada kehidupan sehari – hari .
e.       Jejaring Sosial :
·         Pembimbing mengajak siswa untuk berkelompok membahas tentang materi yang disampaikan kemudia maju untuk mempresentasikan .
3.      Kegiatan penutup       :
Diakhiri dengan memberikan salam, dan mengucapkan terima kasih kepada siswa karena sudah bersedia untuk mengikuti mata pelajaran selama 2 x 45 menit.
O.    Penyelenggara                        : Guru BK
P.      Pihak yang disertakan            : -
Q.    Rencana Penilaian Tindak Lanjut :
1.      Penilaian proses
Observasi selama kegiatan bimbingan berlangsung dengan menggunakan check list sebagai berikut :
Aspek yang diobservasi          Baik     Cukup Kurang
Antusias siswa                                   
Partisipasi siswa                                 
Aktivitas siswa                                   
Respon siswa                         
Kelancaran siswa                               
Suasana siswa                        
Catatan           

2.      Penilaian hasil
a.       Laiseg
Melakukan penilaian segera secara acak kepada siswa setelah layanan diberikan dengan memberi pertanyaan :
Apa yang akan kamu lakukan setelah mendapat materi ini ?
b.      Laijapen
Memantau perkembangan siswa dengan wawancara berkaitan dengan layanan yang diberikan setelah satu minggu memberi layanan.
c.       Laijapang
Memantau perkembangan siswa dengan cara melakukan observasi berkaitan dengan layanan yang diberikan setelah satu bulan pemberian layanan.
R.     Rencana tindak lanjut             :
a.       Memberikan layanan konseling individu terhadap siswa yang mengalami permasalahan sesuai dengan topik pembahasan.
b.      Merencanakan layanan lanjutan dengan topik yang berbeda.
S.      Alat dan Bahan : Laptop, LCD ( media Power Point )
T.      Sumber              : Buku dan Internet



              Mengetahui,                                                                Trenggalek, 18 APRIL 2015



     KEPALA SEKOLAH                                                       MUH. IRVAN LUTHFI
     NIP :                                                                                     NPM. 13121119
             










MATERI

Bakat adalah kemampuan terhadap sesuatu yang menunjukkan kemampuan di atas rata – rata yang telah ada pada diri kita secara alamiah dan perlu dilatih untuk mencapai hasil yang maksimal. Bakat bukanlah merupakan sifat tunggal, melainkan merupakan sekelompok sifat yang secara bertingkat membentuk bakat. Bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga mungkin saja seseorang tidak mengetahui dan mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang latent.
Minat adalah suatu proses yang tetap untuk memperhatikan dan menfokuskan diri pada sesuatu yang diminatinya dengan perasaan senang dan rasa puas ( Hilgar & Slameto ; 1988 ; 59). Minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pikiran tertentu. (Maprare dan Slameto; 1988; 62).
Jadi, dapat disimpulkan minat ialah suatu proses pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu kepada suatu kegiatan yang diminatinya.

1.      Macam – Macam Bakat :
a)      ACHIEVER
Memiliki stamina tinggi dan juga seorang pekerja keras. Mendapat kepuasan dari kesibukan dan produktivitas.
b)      ACTIVATOR
Mampu merealisasikan ide-ide atau gagasan menjadu suatu tindakan nyata. Cenderung tidak sabar.
c)      ADAPTIBILITY
Cenderung bisa mengikuti arus , mampu menjadi orang masa kini maupun menyiapkan untuk masa mendatang.
d)     ANALYTICAL
Cenderung mencari penjelasan dan sebab sesuatu terjadi. Punya kemampuan mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi situasi.
e)      ARRANGER
Terorganisir, tetapi juga fleksibel. Senang berusaha memanfaatkan sumber-sumber yang ada agar menghasilkan produktivitas maksimal.
f)       BELIEF
Memiliki nilai-nilai atau prinsip yang cenderung menetap, dalam mencapai tujuan hidupnya.
g)      COMMAND
Mampu mengontrol situasi dan membuat keputusan
h)      COMMUNICATION
Mampu  menyampaikan gagasan melalui kalimat yang mudah dipahami, seorang lawan bicara dan presenter yang baik.


2.      Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Berkembangnya Bakat
a)      Interest atau minat
Suatu bakat tidak akan berkembang dengan baik apabila anak yang bersangkutan tidak memiliki inters atau minat terhadap bakatnya. Misalnya saja, anak dengan bakat matematika, bakatnya tidak akan berkembang tanpa adanya ketertarikan atau minat sang anak terhadap hitung-hitungan. Anak dengan bakat musik tidak akan berkembang tanpa ia memiliki ketertarikan terhadap irama dan nada.
b)      Motivasi
Bakat anak kurang berkembang atau tidak menonjol apabila ia tidak memiliki motivasi atau dorongan dari dalam dirinya sendiri untuk mengembangkan bakatnya tersebut.
Motivasi berhubungan dengan kuatnya daya juang anak untuk mencapai suatu sasaran tertentu. Jika kurang motivasi untuk menjadi olahragawan, maka seorang anak dengan bakat sepakbola, menghadapi rintangan kecil saja dalam belajar sepakbola akan menghilangkan semangatnya berlatih.
c)      Value atau penilaian
Value adalah bagaimana seorang anak memberi arti atau penilaian terhadap bidang bakat yang dimilikinya Jadi bisa disimpulkan bahwa meskipun bakat adalah suatu berkah yang dibawa seseorang dari lahir, bakat tersebut tidak memberi manfaat besar baginya selama anak yang bersangkutan tidak menghendaki bakat tersebut. Dalam hal ini diperlukan bimbingan, dan dorongan atau dukungan dari lingkungan, baik orangtua secara khusus dan masyarakat pada umumnya.


3.      Faktor-Faktor Yang Mendukung Pengembangan Bakat dan Minat
1)      Faktor Intern
a.       Faktor Bawaan (Genetik)
Faktor ini merupakan faktor yang mendukung perkembangan individu dalam minat dan bakat sebagai totalitas karakteristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak dalam segala potensi melalui fisik maupun psikis yang dimiliki individu sebagai pewarisan dari orang tuanya. Faktor hereditas sebagai faktor pertama munculnya bakat (Yusuf ; 2004 ; 31). Dari segi biologi, bakat sangat berhubungan dengan fungsi otak. Bila otak kiri dominan, segala tindakan dan verbal, intelektual, sequensial, teratur rapi, dan logis. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan masalah spasial, non verbal, estetik dan artistic serta atletis.
b.      Faktor kepribadian
Faktor kepribadian yaitu keadaan psikologis dimana perkembangan potensi anak tergantung pada diri dan emosi anak itu sendiri. Hal ini akan membantu anak dalam membentuk konsep serta optimis dan percaya diri dalam mengembangkan minat dan bakatnya (Asror ; 1999 ; 93).
2)      Faktor Ekstern
a.       Faktor lingkungan
Faktor lingkungan merupakan olahan dari berbagai hal untuk mendukung pengembangan minat dan bakat anak. Faktor lingkungan terbagi atas :
·         Lingkungan keluarga
Lingkungan keluarga merupakan tempat latihan atau belajar dan tempat anak memperoleh pengalaman, karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan paling penting bagi anak. (Sutiono ; 1998 ; 171).
·         Lingkungan sekolah
Suatu lingkungan yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar kondusif yang bersifat formal.
Lingkungan ini sangat berpengaruh bagi pengembangan minat dan bakat karena di lingkungan ini minat dan bakat anak dikembangkan secara intensif.
·         Lingkungan sosial
Suatu lingkungan yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Di lingkungan ini anak akan mengaktualisasikan minat dan bakatnya kepada masyarakat.
4.      Cara Mendeteksi Bakat dan Minat
a.       Lakukan yang kita mau dan suka
Cara terbaik untuk melihat minat dan bakat kita terhadap suatu hal, adalah dengan melakukan segala sesuatu secara totalitas, nggak setengah-setengah. Artinya nggak cuma sekedar suka saja, kita juga perlu menggali lebih dalam tentang potensi tersebut. Misalnya ketika kita suka bermain musik, kita bisa mengasah kemampuan kita dengan cara ikut les musik.
b.      Jangan takut mencoba
Aktif di berbagai organisasi, ekskul atau mengikuti kegiatan lain di dalam maupun di luar sekolah, bisa membantu kita menemukan minat dan bakat kita, lho. Saat kita ingin melakukan sesuatu, dorong diri kita sendiri untuk aktif ikut berbagai kegiatan. Misalnya kita suka menyanyi, kita bisa bergabung dengan paduan suara sekolah. Tertarik dengan olahraga basket, kita bisa daftar menjadi salah satu anggotanya. Bisa atau nggak menjalani kegiatan tersebut, kita akan tahu saat kita sudah terjun di bidang tersebut. Kalau kita nggak mau mencoba, kita nggak akan pernah tahu apa yang benar-benar kita mau dan ingin kita lakukan.
c.       Tes bakat dan minat
Biasanya tes ini dilakukan selama kurang lebih 4 jam, yang terdiri dari wawancara dan tes. Tes ini terdiri dari tes kemampuan umum (intelegensi), sikap, minat, serta kepribadian. Tes ini sebenarnya nggak wajib dilakukan, tapi tes ini bisa membantu kita menggali  potensi yang kita punya.  Sebelum melakukan tes, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pastikan tubuh kita dalam keadaan fit dengan cukup tidur dan sarapan sebelum tes. Karena biasanya tes bakat dan minat dilakukan di pagi hari. Setelah melakukan tes, kita bisa ngobrol langsung dengan psikolog untuk mengetahui hasil tes.
RPL BK KARIR - MENGENAL BAKAT DAN MINAT RPL BK KARIR - MENGENAL BAKAT DAN MINAT Reviewed by IRFAN LUTHFI on April 15, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.