RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A.
Tema : Mengenali
Diri Sendiri
B.
Bidang
bimbingan : Karir
C.
Jenis
layanan :
Informasi Klasikal dan Bimbingan Kelompok
D.
Fungsi
layanan : Pemahaman
dan Pengembangan
E.
Tujuan :
·
Siswa
mampu memahami karakter dirinya sendiri sebagai proses awal merencanakan karir
di masa depan
F.
Sasaran
layanan : Siswa kelas
VII A
G.
Nama
Sekolah : SMP ISLAM
GANDUSARI
H.
Semester : II / 2014-2015
I.
Hari,
tanggal : Rabu, 30 April 2015
J.
Alokasi
waktu : 2 x 45
menit
K.
Tempat
penyelenggaraan : Ruang Kelas VII A
L.
Alat
dan Bahan : ATK,
Papan Tulis, Lembar Kerja 1 dan 2
M.
Metode : Diskusi dan
Tanya Jawab
N.
Uraian
kegiatan :
1.
Pembukaan
:
-
Guru
BK/Konselor mengucapkan salam dan perkenalan
-
Guru
BK/Konselor menjelaskan bahwa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri
sendiri adalah hal pertama yang harus dilakukan seorang peserta didik dalam
proses merencanakan karir dan pendidikannya. Beberapa tes sederhana dapat
digunakan untuk mencapainya. Tidak ada jawaban yang salah atau benar; semua
jawaban sama benarnya; hal ini hanyalah sebuah proses untuk lebih memahami diri
sendiri.
2.
Utama
:
-
Guru
BK/Konselor membentuk kelompok kecil dalam kelas
-
Guru
BK/Konselor menginstruksikan Lembar Kerja 1 kepada peserta didik dan memfasilitasi latihan
menggunakan kertas hvs kosong.
-
Pada
tahap ini peserta didik diminta melukiskan gambaran tentang dirinya sendiri
(karakter diri).
Guru BK/Konselor kemudian membagikan Lembar Kerja 2 kepada peserta
didik dan meminta mereka untuk memberi tanda cek (V) pada kata/sifat yang paling
tepat mendeskripsikan diri sendiri. Peserta didik diminta untuk memprioritaskan
setidaknya lima buah kata yang :
(a) paling
sesuai mendeskripsikan diri Panduan Pelayanan Bimbingan Karir sendiri , (b) dan
lima kata yang paling tidak sesuai mendeskripsikan diri sendiri di dalam Lembar
Kerja yang sama. Peserta didik diminta untuk meminta pendapat peserta didik lainnya
mengenai masing-masing diri sendiri pada sesi kelompok yang lebih kecil. Peserta
didik menuliskan kesimpulan berdasarkan penilaian mereka sendiri dan masukan
yang mereka dapat dari para teman mereka.
3.
Penutup
: Guru BK/Konselor kemudian akan memfasilitasi sebuah diskusi tentang :
(a) apa pendapat peserta didik tentang diri mereka sendiri?
(b) bagaimana perasaan mereka tentang pendapat orang lain tentang
mereka? (c) apa yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan diri mereka
sendiri?
Guru BK/Konselor menyimpulkan kegiatan ini dengan menekankan bahwa
setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing yang membedakannya dari
orang lain. Pemahaman yang lebih baik mengenai kepribadian seseorang adalah
langkah awal dalam mengidentifikasi pengetahuan, keterampilan, perilaku yang
harus mereka kembangkan.
O.
Penyelenggara : Guru BK
P.
Rencana
Penilaian Tindak Lanjut :
1.
Penilaian proses
2. Observasi
selama kegiatan bimbingan berlangsung dengan menggunakan check listsebagai
berikut:
Aspek yang diobservasi
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Antusias
siswa
|
|||
Partisipasi
siswa
|
|||
Aktivitas
siswa
|
|||
Respon
siswa
|
|||
Kelancaran
siswa
|
|||
Suasana
siswa
|
|||
Catatan
|
3. Penilaian hasil
a. Laiseg
Melakukan penilaian segera secara acak kepada siswa
setelah layanan diberikan dengan memberi pertanyaan :
Apa yang akan kamu dapat setelah penyampaian materi
ini ?
b. Laijapen
Memantau perkembangan
siswa dengan wawancara berkaitan dengan layanan yang diberikan setelah satu
minggu memberi layanan.
c. Laijapang
Memantau perkembangan
siswa dengan cara melakukan observasi berkaitan dengan layanan yang diberikan
setelah satu bulan pemberian layanan.
Q. Sumber : Buku yang berkaitan.
Mengetahui, Trenggalek,
10 APRIL 2015
KEPALA SEKOLAH MUH
IRVAN LUTHFI
NIP : NPM.
13121119
LEMBAR
KERJA 1
Pada permainan ini, anak
didik diminta melukiskan gambaran tentang dirinya di atas kertas. Dalam gambar
itu anak didik harus memberikan judul dari gambar itu dan karakteristik
tertentu pada gambar (misalnya karakter fisik, minat akan agama dengan
memberikan simbol keagamaan, minat bekerja sebagai pekerja kerah putih dengan
menggambarkan dasi, tinggal dengan keluarga dengan menambahkan gambar keluarga,
dll). Ingatkan anak didik bahwa ini bukan membuat gambar diri secara fisik,
melainkan tentang gambaran diri dengan menggunakan simbol tertentu. Kemudian,
anak didik diminta mendapatkan gambar dirinya dari teman sekelasnya sesuai
dengan instruksi di atas. Minta anak didik dari teman kelompok untuk melukiskan
gambaran tentang temannya tersebut pada sebuah kertas.
Anak didik kemudian
membandingkan kedua gambar diri menurut dirinya sendiri dan menurut temannya.
Dari kedua gambar itu, anak didik kemudian mengidentifikasi dan menuliskan di
atas kertas persamaan dan perbedaan dari kedua gambar tersebut.
Anak didik kemudian
mengidentifikasi:
·
5 persamaan dari kedua gambar, dan
·
5 perbedaan mencolok dari kedua gambar itu.
Sebagai bahan diskusi di
kelas:
·
Mudah atau sulitkah menggambar diri sendiri?
·
Mudah atau sulitkah menggambar orang lain?
·
Bagaimana menurutmu dengan pendapat orang lain tentang dirimu, benarkah
atau tidak?
A.
Kalimat
Yang Paling Tepat Menggambarkan Diriku
1.
Berikan
tanda centang () untuk setiap kata yang paling tepat menggambarkan dirimu. Setelah
itu, tulislah masing-masing kata yang paling tepat menggambarkan dirimu dari
tabel di bawah ini dan kata yang paling menggambarkan dirimu. Tunjukkan secara
jelas kata apa yang tidak ada dari harapanmu.
Agresif Kreatif Dewasa Alami
Bertanggungjawab Tepat Waktu Hati – hati Pintar
Ramah Multitalenta Bermotivasi Rendah Sensitif
Penuh
Perhatian Lamban Berkompetensi Tinggi Bergaya
Rapi Pemalu Tukang Banyol Lelah
Percaya Diri Akurat Tidak Cepat Resik
Pemalas Cerdas Berani Kasar
Pasif
Sopan Beratakan Termotivasi
Memiliki
Konsep Bermotivasi
Tinggi
B.
Kata
Yang Paling Menggambarkan Diriku :
1.
2.
3.
4.
5.
C.
Kata
Yang Kurang Tepat Menggambarkan Diriku :
1.
2.
3.
4.
5.
RPL BK KARIR - MENGENALI DIRI SENDIRI
Reviewed by IRFAN LUTHFI
on
April 15, 2015
Rating:
Tidak ada komentar: