Recent Comments

RPL BK KARIR - MENGENALI DIRI SENDIRI

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Tema                                      : Mengenali Diri Sendiri
B.     Bidang bimbingan                  : Karir
C.     Jenis layanan                          : Informasi Klasikal dan Bimbingan Kelompok
D.    Fungsi layanan                       : Pemahaman dan Pengembangan
E.     Tujuan                                    :
·         Siswa mampu memahami karakter dirinya sendiri sebagai proses awal merencanakan karir di masa depan
F.      Sasaran layanan                      : Siswa kelas VII A
G.    Nama Sekolah                        : SMP ISLAM GANDUSARI
H.    Semester                                 : II / 2014-2015
I.       Hari, tanggal                          : Rabu, 30 April 2015
J.       Alokasi waktu                        : 2 x 45 menit
K.    Tempat penyelenggaraan       : Ruang Kelas VII A
L.     Alat dan Bahan                      : ATK, Papan Tulis, Lembar Kerja 1 dan 2
M.   Metode                                   : Diskusi dan Tanya Jawab
N.    Uraian kegiatan                      :
1.      Pembukaan :
-          Guru BK/Konselor mengucapkan salam dan perkenalan
-          Guru BK/Konselor menjelaskan bahwa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri adalah hal pertama yang harus dilakukan seorang peserta didik dalam proses merencanakan karir dan pendidikannya. Beberapa tes sederhana dapat digunakan untuk mencapainya. Tidak ada jawaban yang salah atau benar; semua jawaban sama benarnya; hal ini hanyalah sebuah proses untuk lebih memahami diri sendiri.
2.      Utama :
-          Guru BK/Konselor membentuk kelompok kecil dalam kelas
-          Guru BK/Konselor menginstruksikan Lembar Kerja 1  kepada peserta didik dan memfasilitasi latihan menggunakan kertas hvs kosong.
-          Pada tahap ini peserta didik diminta melukiskan gambaran tentang dirinya sendiri (karakter diri).
Guru BK/Konselor kemudian membagikan Lembar Kerja 2 kepada peserta didik dan meminta mereka untuk memberi tanda cek (V) pada kata/sifat yang paling tepat mendeskripsikan diri sendiri. Peserta didik diminta untuk memprioritaskan setidaknya lima buah kata yang :
(a) paling sesuai mendeskripsikan diri Panduan Pelayanan Bimbingan Karir sendiri , (b) dan lima kata yang paling tidak sesuai mendeskripsikan diri sendiri di dalam Lembar Kerja yang sama. Peserta didik diminta untuk meminta pendapat peserta didik lainnya mengenai masing-masing diri sendiri pada sesi kelompok yang lebih kecil. Peserta didik menuliskan kesimpulan berdasarkan penilaian mereka sendiri dan masukan yang mereka dapat dari para teman mereka.
3.      Penutup : Guru BK/Konselor kemudian akan memfasilitasi sebuah diskusi tentang :
(a) apa pendapat peserta didik tentang diri mereka sendiri?
(b) bagaimana perasaan mereka tentang pendapat orang lain tentang mereka? (c) apa yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan diri mereka sendiri?
Guru BK/Konselor menyimpulkan kegiatan ini dengan menekankan bahwa setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing yang membedakannya dari orang lain. Pemahaman yang lebih baik mengenai kepribadian seseorang adalah langkah awal dalam mengidentifikasi pengetahuan, keterampilan, perilaku yang harus mereka kembangkan.
O.    Penyelenggara                        : Guru BK
P.      Rencana Penilaian Tindak Lanjut :
1.      Penilaian proses
2.     Observasi selama kegiatan bimbingan berlangsung dengan menggunakan check listsebagai berikut:

Aspek yang diobservasi
Baik
Cukup
Kurang
Antusias siswa
Partisipasi siswa
Aktivitas siswa
Respon siswa
Kelancaran siswa
Suasana siswa
Catatan


3.      Penilaian hasil
a.       Laiseg
Melakukan penilaian segera secara acak kepada siswa setelah layanan diberikan dengan memberi pertanyaan :
Apa yang akan kamu dapat setelah penyampaian materi ini ?
b.      Laijapen
Memantau perkembangan siswa dengan wawancara berkaitan dengan layanan yang diberikan setelah satu minggu memberi layanan.
c.       Laijapang
Memantau perkembangan siswa dengan cara melakukan observasi berkaitan dengan layanan yang diberikan setelah satu bulan pemberian layanan.
Q.    Sumber              : Buku  yang berkaitan.



              Mengetahui,                                                                Trenggalek, 10 APRIL 2015



     KEPALA SEKOLAH                                                     MUH IRVAN LUTHFI
     NIP :                                                                                     NPM. 13121119
             











LEMBAR KERJA 1

Pada permainan ini, anak didik diminta melukiskan gambaran tentang dirinya di atas kertas. Dalam gambar itu anak didik harus memberikan judul dari gambar itu dan karakteristik tertentu pada gambar (misalnya karakter fisik, minat akan agama dengan memberikan simbol keagamaan, minat bekerja sebagai pekerja kerah putih dengan menggambarkan dasi, tinggal dengan keluarga dengan menambahkan gambar keluarga, dll). Ingatkan anak didik bahwa ini bukan membuat gambar diri secara fisik, melainkan tentang gambaran diri dengan menggunakan simbol tertentu. Kemudian, anak didik diminta mendapatkan gambar dirinya dari teman sekelasnya sesuai dengan instruksi di atas. Minta anak didik dari teman kelompok untuk melukiskan gambaran tentang temannya tersebut pada sebuah kertas.
Anak didik kemudian membandingkan kedua gambar diri menurut dirinya sendiri dan menurut temannya. Dari kedua gambar itu, anak didik kemudian mengidentifikasi dan menuliskan di atas kertas persamaan dan perbedaan dari kedua gambar tersebut.
Anak didik kemudian mengidentifikasi:
·         5 persamaan dari kedua gambar, dan
·         5 perbedaan mencolok dari kedua gambar itu.
Sebagai bahan diskusi di kelas:
·         Mudah atau sulitkah menggambar diri sendiri?
·         Mudah atau sulitkah menggambar orang lain?
·         Bagaimana menurutmu dengan pendapat orang lain tentang dirimu, benarkah atau tidak?




A.    Kalimat Yang Paling Tepat Menggambarkan Diriku
1.      Berikan tanda centang () untuk setiap kata yang paling tepat menggambarkan dirimu. Setelah itu, tulislah masing-masing kata yang paling tepat menggambarkan dirimu dari tabel di bawah ini dan kata yang paling menggambarkan dirimu. Tunjukkan secara jelas kata apa yang tidak ada dari harapanmu.

Agresif                               Kreatif                      Dewasa                                   Alami
Bertanggungjawab            Tepat Waktu            Hati – hati                              Pintar
Ramah                               Multitalenta              Bermotivasi Rendah               Sensitif
Penuh Perhatian                 Lamban                    Berkompetensi Tinggi            Bergaya
Rapi                                   Pemalu                     Tukang Banyol                       Lelah                       
Percaya Diri                       Akurat                      Tidak Cepat                            Resik
Pemalas                              Cerdas                      Berani                                     Kasar
Pasif                                   Sopan                       Beratakan                               Termotivasi
                                           Memiliki Konsep                                         Bermotivasi Tinggi

B.     Kata Yang Paling Menggambarkan Diriku :
1.
2.
3.
4.
5.

C.     Kata Yang Kurang Tepat Menggambarkan Diriku :
1.
2.
3.
4.
5.


RPL BK KARIR - MENGENALI DIRI SENDIRI RPL BK KARIR - MENGENALI DIRI SENDIRI Reviewed by IRFAN LUTHFI on April 15, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.